Minggu, 04 September 2011

Biografi Rihanna

Rihanna lahir di Saint Michael pada 20 Februari 1988 memiliki ayah yang bernama Ronald (keturunan Afrika dan Eropa) dan ibu yang bernama Monica Fenty (keturunan Guyana). Ia memiliki dua adik bernama Rorrey and Rajad. Rihanna bersekolah di Charles F. Broome Memorial School dan kemudian Combermere School, di mana ia membentuk trio dengan dua teman sekelasnya. Pada 2004, ia memenangkan lomba kecantikan Miss Combermere dan menyanyikan lagu "Hero" karya Mariah Carey dalam Colours of Combermere School Show. Rihanna yang lahir dan besar di Barbados mungkin tak pernah bermimpi akan menjejakkan kakinya di Amerika.



Rihanna mulai dikenal setelah singel "SOS" mendapatkan puncak teratas di Billboard Hot 100 yang kemudian disusul singel yang mendunia yaitu "Umbrella". Dalam perilisan album Good Girl Gone Bad dalam versi Reloaded, dia mendapatkan kejutan kembali. Singel "Disturbia" dan "Take a Bow" yang juga mendapatkan posisi nomor 1 beberapa minggu. Setelah itu "Live Your Life" yang juga meraih posisi teratas di Billboard. Di "Rated R" Rihanna juga mendapatkan posisi teratas dengan singel "Rude Boy" yang bertengger dinomor satu selama 5 minggu.



Sama seperti "Live Your Life", Rihanna kembali merilis singel bersama dengan Eminem dengan singel "Love the Way You Lie" yang melebihi rating dari singel lainnya. Singel ini bertengger di nomor 1 selama 7 minggu. Dalam perilisan "Loud", singel Rihanna meloncat dari nomor 66 ke nomor 1 dengan singel "What's My Name?" featuring Drake. Jadi total singel yang bernomor satu adalah delapan. Itu membuat Rihanna masuk kedalam urutan ketiga wanita yang mendapatkan paling banyak billboard chart number one. Including, Madonna dinomor satu dan Janet Jackson dinomor 2. Sekali lagi, ia menoreh nomor satu di Billboard Hot 100 dengan singel nya Only Girl (In the World) yang beberapa minggu sebelumnya dengan nomor 3



Setelah bekerja sama dengan perusahaan rekaman Def Jam, dia menghabiskan tiga bulan berikutnya dengan rekaman dan menyempurnakan albumnya. Albumnya digarap bersama produksi Evan Rogers, Carl Sturken, Stargate (tim produksi) dan Poke & Tone Pertama kali dia berkolaborasi dengan penyanyi rap Memphis Bleek pada album keempat Memphis Bleek "534". Kemudian Rihanna merilis single pertamanya yaitu Pon de Replay pada 22 Agustus 2005, yang mana mencapai puncak nomor satu di Billboard Hot 100 dan UK Singles Chart.[10] Ini menjadi topic perbincangan yang mencapai top sepuluh di 15 negara. Album pertamanya, Music of the Sun dirilis pada bulan Agustus 2005 di United States. Album ini sendiri mencapai nomor sepuluh di Billboard 200, dengan penjualan 69.000 kopi dalam minggu pertama. Album ini tejual lebih dari dua juta kopi di seluruh dunia dan menerima sertifikat Emas dari Recording Industry Association of America.



Dengan album ketiganya, Good Girl Gone Bad yang dirilis pada tahun 2007, Rihanna ingin sesuatu yang baru dengan bantuan produser musik Timbaland, William dan Sean Garrett, dan kembali membayangkan komposisi album dengan segar, trek tarian uptempo, dia mengadopsi gambar lebih memberontak ketika sedang merekam album, akhirnya sekarat rambutnya yang hitam dan memotong pendek . Rihanna berkomentar, "Aku ingin membuat orang menari tapi masih soulful pada saat yang sama Anda merasa berbeda setiap album, dan pada tahap ini aku merasa seperti aku ingin melakukan banyak lagu uptempo . "Album itu menduduki puncak tangga lagu di negara-negara seperti Britania Raya, Kanada, Jepang, Brazil, Rusia dan Irlandia, dan mencapai puncaknya pada nomor dua di Amerika Serikat dan Australia. Tidak seperti pekerjaan sebelumnya, album ini menampilkan suara lebih tari-pop bukan dancehall tersebut, reggae dan gaya balada. Album ini memperoleh tanggapan positif oleh kritikus, menjadi album yang paling kritis diakui pada saat itu dibandingkan dengan usaha





Pada tanggal 8 Juni 2009, Rihanna dijadwalkan perfom pada acara Grammy Awards tapi dibatalkan. Perfom tersebut dibatalkan diduga karen sebuah pertengkaran dengan pacarnya yang lalu, yaitu penyanyi Chris Brown, yang ditahan atas tuduhan membuat ancaman pidana. Pada 5 Maret 2009, Brown didakwa dengan tuduhan penganiayaan dan membuat ancaman pidana. Karena foto Rihanna yang luka-luka dari Departemen Kepolisian Los Angeles yang diperoleh oleh TMZ.com sudah tersebar. Sebuah organisasi yang dikenal sebagai STOPaparazzi telah mengusulkan undang-undang yang disebut "Rihanna Hukum".



Gil Kaufman dari VH1 melaporkan “ia menyampaikan berita nonstop dari Rihanna / Brown kasus telah memunculkan sejumlah isu mengenai privasi dugaan korban kekerasan domestik, termasuk keputusan oleh hampir semua outlet berita besar untuk mengungkapkan identitas korban-yang tidak biasanya dilakukan dalam kasus-kasus kekerasan domestik dan distribusi kontroversial dari foto yang tersebar”. Rihanna dipanggil untuk bersaksi dalam sidang pendahuluan di LA pada tanggal 22 Juni 2009. Jaksa bilang Rihanna akan menerima surat panggilan. “Aku akan menerima atas namanya," pengacara Rihanna, Donald Etra mengatakan kepada Us Weekly pada tanggal 22 Juni 2009, Brown mengaku bersalah atas kekerasan yang dilakukan pada Rihanna. Dalam pertukaran untuk pembelaannya Brown menerima lima tahun tahanan percobaan dan diperintahkan untuk tinggal lima puluh meter dari Rihanna, kecuali pada acara-acara publik, yang kemudian akan berkurang hingga sepuluh meter.

“I’m just gonna be me, because that’s what you, Guys love the most and that’s what makes me feel best. Just being normal for me is Loud! Sassy, fun, flirty, and energetic. I feel like I smile for real this time”
Red, brave, sassy, and flirty. Ini benar-benar gebrakan yang mau ditunjukkan Rihanna ke semua orang. Dengan album cover Loud yang dominan merah, ditambah rambutnya yang juga berwarna merah menyala sejak akhir Agustus, Rihanna memiliki image baru. Tak tanggung-tanggung pelantun tembang Cinta Terlarang, The Virgin juga meniru gaya rambut Rihanna yang berwarna merah Albumnya sendiri berisi 11 lagu, dengan dua single jagoan “Only Girl (In the World)” dan “What's My Name” yang nampilin suara Drake. Album ini beredar dalam empat edisi di Amerika, dan salah satunya dilengkapi “DVD The Making Of Loud.” Disela-sela proses pembuatan album “Loud”, Rihanna meluncurkan photo book Last Girl On Earth tour, 27 Oktober, dan langsung keliling beberapa Negara untuk mempromosikan ini. Special jika para fansnya bisa melihat foto-foto behind the scene di buku ini. “All together of a very specific moment of my life, an album of my life,” kata Rihanna. Tur untuk buku ini akan berlanjut selama awal 2011. Dimulai dengan Australia sekitar Maret ‘11.



Single pertamanya “Only Girl (In the world)” dirilis 10 September 2010 dengan video klip bernuansa tanah, air, dan udara yang dikemas semarak, eksotik, dan full of tension. Lagu ini berhasil masuk US Billboard Hot 100 Chart dan meraih posisi pertama ditangga lagu UK, Kanada, Australia, dan beberapa Negara lain. “What’s My Name?” juga tidak kalah sukses. Single yang dirilis 29 Oktober 2010 ini menempatakan Rihanna sebagai penyanyi yang sudah sembilan kali menempati posisi pertama di Billboard Hot 100. Selain itu Rihanna juga merilis single promosi untuk albumnya yang kelima yang berjudul Who's That Chick dan dinyanyikan berduet bersama “David Guetta”. Kemudian, pada tanggal 25 Oktober, Rihanna dan Kanye West merilis snippet yang akan dirilis singelnya yang berjudul All of the Lights.





Biodata / Profil Rihanna

Nama : Rihanna

Tempat Lahir : Saint Michael, Barbados pada 20 Februari 1988

Ayah : Ronald (keturunan Afrika dan Eropa)

Ibu : Monica Fenty

Perkerjaan : Penyanyi.



Daftar Album Rihanna

Music of the Sun (2005)

A Girl Like Me (2006)

Good Girl Gone Bad (2007)

Rated R (2009)

Loud (2010)



Referensi :



- http://ingintahudisini.blogspot.com/2011/03/biografi-rihanna.html

- http://id.wikipedia.org/wiki/Rihanna



------------------------------------------------------------------------------------------------------------Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.tokoh-sejagat.blogspot.com
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Poskan Komentar